Trump Menang Pilpres, Ini Kata Dubes RI untuk AS


Trump Menang Pilpres, Ini Kata Dubes RI untuk AS Dubes Sonny menerima delegasi DPR di Kedubes RI (Foto: Ahmad Toriq/detikcom)



Jakarta – Kemenangan Donald Trump di Pilpres AS 2016 memunculkan kekhawatiran dari kaum minoritas di AS, salah satunya dari masyarakat muslim. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia diyakini tak perlu khawatir.

“Kita punya dasar hubungan baik antara Indonesia-Amerika, dan kita punya semua alasan hubungan bilateral ke depan juga terus membaik, karena fundamental kedua negara baik,” kata Dubes RI untuk AS Budi Bowoleksono saat berbincang dengan detikcom di Wisma Indonesia, Tilden St NW, Washington, DC 20008, Kamis (10/11/2016).

Dubes Sonny menerima delegasi DPR di Kedubes RIFoto: Ahmad Toriq/detikcom
Dubes Sonny menerima delegasi DPR di Kedubes RI

Sonny, demikian Budi Bowoleksono akrab disapa, meminta masyarakat Indonesia tak banyak berspekulasi soal kebijakan Trump nantinya. Setelah terpilih menjadi Presiden AS, Trump akan terikat konstitusi, sehingga belum tentu bisa menjalankan semua visi yang disampaikannya selama masa kampanye.

“Kita tidak perlu spekulasi sekarang, kita tunggu dululah,” ujar mantan sekjen Kementerian Luar Negeri ini.

Dubes Sonny menerima delegasi DPR di Kedubes RIFoto: Ahmad Toriq/detikcom
Dubes Sonny menerima delegasi DPR di Kedubes RI

Adakah kekhawatiran masyarakat muslim Indonesia yang disampaikan ke Kedubes RI setelah Trump terpilih?

“Dalam pidato kemenangannya dia (Trump) kan bilang, bahwa saya akan jadi presiden untuk semua orang Amerika, termasuk orang Islam Amerika,” jawab Budi diplomatis.

Delegasi DPR dan Dubes Sonny foto bareng di salah satu ruangan di Kedubes RIFoto: Ahmad Toriq/detikcom
Delegasi DPR dan Dubes Sonny foto bareng di salah satu ruangan di Kedubes RI

Delegasi BKSAP dan Fraksi PPP DPR RI yang terdiri dari anggota Komisi III sekaligus Ketum PPP Muchammad Romahurmuziy, Ketua Fraksi PPP DPR Reni Marlinawati, Sekretaris Fraksi DPR PPP Amir Uskara, Wakil Ketua BKSAP DPR yang juga Ketua DPP PPP bidang Luar Negeri Syaifullah Tamliha, dan Wakil Sekretaris Fraksi PPP Dony Ahmad Munir sempat menemui Dubes Sonny dalam rangkaian kegiatan di AS.

Pertemuan pertama digelar di Kedubes RI, 2020 Massachusetts Avenue, NW, Washington. Pertemuan kedua di Wisma Indonesia keesokan harinya. Dubes Sonny memberi gambaran soal kondisi WNI yang tinggal di AS.

Delegasi DPR sarapan bersama Dubes Sonny di Wisma IndonesiaFoto: Ahmad Toriq/detikcom
Delegasi DPR sarapan bersama Dubes Sonny di Wisma Indonesia

(tor/imk)


Leave a Comment