Kantor KPUD Yapen Papua Dibakar, Polisi Tetapkan 3 Tersangka





Jakarta – Kantor KPUD Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, dibakar. Polisi menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Faisal Mika Kermayu dan Agus Morin atas perintah Sopater Ayomi, yang diduga melakukan pembakaran.

Pembakaran kantor KPUD Yapen di Jalan Maluku, Distrik Yapen Selatan, itu terjadi pada Minggu (26/3/2017) sekitar pukul 13.00 WIB.

“Dalam pembakaran itu, pelaku membeli bensin 5 liter yang dimasukkan ke dalam jeriken, kemudian dimasukkan ke dalam ransel warna hitam,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto dalam keterangannya, Senin (27/3/2017).

Kedua tersangka tersebut kemudian menuju kantor KPUD Yapen berboncengan. Mereka masuk melalui kantor pemda Yapen dan memarkir sepeda motornya di samping kantor Satpol PP.

Kedua pelaku kemudian masuk melalui pintu selatan dan masuk ke kamar mandi umum. Faisal memanjat ke atas plafon dengan cara menaiki bahu Agus. Setiba di atas plafon, pelaku memasukkan sumbu dari kain ke mulut jeriken dan menyulut api menggunakan kayu.

“Setelah terbakar, kedua pelaku dari kantor KPUD menuju rumah Sopater Ayomi,” ujarnya.

Berdasarkan oleh tempat kejadian perkara, diketahui ruang yang terbakar meliputi plafon, kamar mandi Ketua KPUD Yapen, ruang teknis tempat penyimpanan kotak suara, dan plafon kamar mandi umum.

Faisal, Agus, dan Sopater Ayomi kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 187 Ayat 1 juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

(idh/rvk)




Leave a Comment