Belum Terima Pemberitahuan, Polisi Siapkan Pengamanan Aksi 313




Jakarta – Polda Metro Jaya belum menerima pemberitahuan dari massa Forum Umat Islam (FUI) terkait aksi 31 Maret nanti. Meski begitu, polisi tetap akan menyiapkan pengamanan.

“Belum terima pemberitahuan. Ya, tetap kita antisipasi, kita siapkan pengamanannya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Senin (27/3/2017).

Terkait rencana aksi 313 ini, polisi telah melakukan rapat koordinasi untuk menyiapkan langkah-langkah pengamanan, termasuk merumuskan cara bertindak di lapangan.

Namun, sampai sore tadi, polisi belum menerima pemberitahuan dari massa terkait rencana aksi tersebut. “Kita belum tahu berapa jumlah massa, kegiatannya apa dan bagaimana, nanti kita tunggu,” lanjut Argo.

FUI rencananya menggelar aksi 313. Agenda aksi dimulai dengan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dan long march ke Istana Merdeka.

“Saya selaku tokoh agama yang tergabung di FUI akan mengikuti aksi 313, yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal dan diikuti jemaah dari berbagai daerah,” kata Habib Novel Bamukmin saat dimintai konfirmasi hari ini.

Di depan Istana Merdeka, massa akan menyampaikan aspirasinya. Tuntutan aksi ini masih sama seperti aksi sebelumnya. Intinya, mereka meminta Presiden Jokowi memberhentikan Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang kini berstatus terdakwa kasus penistaan agama.

(mei/idh)




Leave a Comment